Jumat, 28 November 2008

Pandangan Tokoh Tentang sholat Khusyu'

Prof. DR. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc

Sholat adalah ibadah utama ajaran islam yang merupakan unsur yang membedakan antara seorang muslim dengan non-muslim (QS. At-Taubah:11).

Sholat juga merupakan indikator utama orang-orang mukmin yang akan mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akherat (QS. Al-Muminun:1-2)

Sholat yang dilakukan dengan penuh kekhusyuan, diharapkan akan mampu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar (QS. Al-Ankabut:45).

“Bagaimana upaya untuk melaksanakan sholat Khusyu’, Ustadz Ansufri Idrus Sambo telah menulis sebuah buku ‘Manajemen Sholat menuju Khusyu’ dan Nikmat’ yang sangat penting untuk dibaca dan diketahui oleh kaum muslimin yang ingin meraih kekhusyu’an dalam sholat”

(Diambil dari: Buku Saku "Sholat Khusyu itu Mudah" Penerbit Hilal ProAd, Muharram 1428H, Yayasan Hilal Bogor)

Ust. Abdurrahman Al-Baghdadi
Tidak ada yang sia-sia dalam islam. Setiap perintah dan larangan dalam islam pasti memberikan manfaat yang baik dalam kehidupan umatnya, termasuk sholat. Kewajiban dan syiar Islam yang paling utama adalah sholat.

Shalat adalah salah satu media untuk mengkomunikasikan diri dengan Allah SWT, yang tersirat dengan takbir "Allahu Akbar" dengan penuh semangat, menghadap ke haribaan penguasa alam semesta Yang Maha Kuasa.

Berbagai macam hikmah sholat:
1. melatih disiplin dan tertib
2. melatih menghargai waktu.
3. dapat membuka pintu hikmah
4. benteng bagi diri dari kemaksiatan
5. Pengundang Pertolongan Allah
6. Penggugur dosa

“Buku ‘Manajemen Sholat menuju Khusyu’ & Nikmat’ karya al-Ustadz al fadhil Ir. H. Ansufri Idrus Sambo berusaha keras untuk memperbaiki kualitas sholat umat, sebagai salah satu upaya dalam memperbaiki keadaan umat secara menyeluruh.”
(Disarikan dari Kata Pengantar buku "Manajemen Sholat Menuju Khusyu' dan Nikmat, Penulis: Ansufri Idrus Sambo, Timpani Publishing, Maret 2007)

Tidak ada komentar: